Dampak Teknologi Informasi Dalam Kehidupan Masyarakat

Teknologi Informasi

Teknologi Informasi semakin modern dan cepat, setiap orang tidak bisa menghindar dari kemajuan teknologi. Teknologi meliputi segala aspek kehidupan, teknologi diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Saat ini teknologi informasi adalah bidang teknologi yang berkembang paling pesat.

Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebar informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara dan video.

Perkembangan Teknologi Informasi memicu suatu cara baru dalam kehidupan bermasyarakat, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e seperti, e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory.

Namun semua itu tidak lepas dari kekurangannya. Misalnya seseorang bisa menggunakan alat Teknologi Informasi seperti Handphone, PC, Laptop lebih lama daripada berinteraksi dengan orang lain bahkan dengan anggota keluarganya sendiri. Sehingga tingkat kepedulian terhadap sesama manusia kurang, menipisnya sikap tenggang rasa, cenderung lebih mementingkan diri sendiri, dan tidak mempedulikan lingkungan sekitar.

Rumusan Masalah

  • Bagaimana Peran Teknologi informasi di kehidupan masyarakat?
  • Bagaimana perkembangan Teknologi informasi
  • Apakah TI Berdampak positif bagi perkembangan kehidupan masyarakat?
  • Apakah TI Berdampak Negatif bagi perkembangan kehidupan masyarakat?
  • Bagaimana Hubungan Teknologi dengan Masyarakat?

Tujuan

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah:

  • Untuk mengetahui peranan TI dalam kehidupan masyarakat
  • Masyarakat lebih bijak untuk memanfaatkan teknologi
  • Untuk mengetahui dampak positif dan negatif teknologi informasi dalam kehidupan masyarakat

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi sangat berpengaruh terhadap masyarakat modern, karena mereka sebagian besar hidupnya tergantung dari informasi, Nana Syaodih S. (1997: 67) menyatakan bahwa sebenarnya sejak dahulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Kalau manusia pada zaman dulu memecahkan kemiri dengan batu atau memetik buah dengan galah, sesungguhnya mereka sudah menggunakan teknologi, yaitu teknologi sederhana. Sejak zaman manusia sudah membuat dan memanfaatkan teknologi seiring perjalanan waktu, terus berkembang hingga sampai saat ini.

Teknologi Informasi, atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern misalnya ponsel.

Dalam konteks bisnis, Information Technology Association of America menjelaskan Pengolahan, penyimpanan dan penyebaran lokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi. Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi(TI). Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bioinformatika, Cloud Computing, sistem informasi global, Skala besar basis pengetahuan dan lain-lain.

Peran Teknologi Informasi

Dalam kehidupan modern teknologi informasi merupakan sektor paling dominan, siapa saja yang menguasai teknologi ini maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya, teknologi informasi banyak berperan di berbagai bidang, mulai dari bidang pendidikan, industri, kesehatan, pemerintahan dan lain sebagainya.

Perkembangan Teknologi

Teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lainnya. Yang mendasari sesuatu hal dapat digolongkan kedalam teknologi komunikasi adalah: pertama Teknologi komunikasi dapat di implementasikan dalam suatu alat. kedua Teknologi komunikasi dilahirkan oleh sebuah struktur sosial,ekonomi dan politik. Ketiga Teknologi komunikasi membawa nilai yang berasal dari struktur ekonomi , sosial dan politik tertentu. Sedangkan yang terakhir Teknologi komunikasi meningkatkan kemampuan indera manusia terutama kemampuan mendengar dan melihat

Hedi sasrawan (2012) Dunia telah berubah dan berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan ilmu pengetahuan juga tumbuh pesat. Kini, batas-batas dunia seolah tidak terlihat. Semuanya kita bisa capai dengan cepat, tepat, dan murah. Nah, semua itu berkat  teknologi

Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi (globalisasi). Kalau dulu kita mengenal kata pepatah dunia tak selebar daun kelor, sekarang pepatah itu selayaknya berganti; dunia saat ini selebar daun kelor, karena cepatnya akses informasi di berbagai belahan dunia membuat dunia ini seolah semakin sempit dikarenakan kita dapat melihat apa yang terjadi di Amerika misalnya, meskipun kita berada di Indonesia.

Kemajuan Teknologi Bagi Masyarakat

Tentu kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar terhadap transformasi nilai-nilai yang ada di masyarakat. Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap nilai-nilai kebudayaan yang dianut masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi).

Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi baik yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya masyarakat pedesaan dengan segala image yang menjadi ciri khas mereka.

Hubungan Perubahan Sosial Dengan Perkembangan Teknologi Komunikasi

Pembahasan di atas sudah dijelaskan bahwa perubahan sosial akan selalu terjadi dalam kehidupan manusia. Perubahan itu tidak akan pernah dapat dicegah karena dengan sendirinya masyarakat. Itu akan selalu ikut arus dalam suatu perubahan yang terjadi. Perubahan sosial terjadi salah satunya diakibatkan oleh teknologi seperti halnya televisi. Dan komputer (internet) membuat menumpuknya informasi di bidang politik, ekonomi dan ilmu pengetahuan.

Seperti yang dikemukakan oleh Rogers (1986: 110) Sebab dan akibat dari perubahan sosial di masyarakat adalah teknologi komunikasi dari pendapat rogers dapat diambil kesimpulan bahwa perubahan sosial yang terjadi dalam kehidupan itu diakibatkan karena semakin majunya teknologi yang terjadi dalam tatanan kehidupan sosial. Dengan majunya teknologi manusia akan semakin mudah untuk mengakses informasi walaupun dari jarak jauh sehingga komunikasi dalam hal ini tidak terbatas oleh ruang dan waktu manusia lebih mudah mengakses informasi secara global sehingga dunia ini terasa sempit dengan adanya kemajuan teknologi saat ini,

Teknologi komunikasi lebih banyak berpengaruh terhadap anak-anak muda dibandingkan dengan kepada anak-anak kecil dan orang tua. mungkin karena faktor anak muda suka melakukan hal-hal yang baru dan menyukai tantangan untuk berubah. misalnya efek dari televisi dan komputer yang banyak beredar di masyarakat sekarang. Sebab dan akibat dari perubahan sosial di masyarakat adalah teknologi komunikasi.

Perkembangan Sistem Informasi

Perkembangan sistem informasi yang berukuran raksasa dan bank data. Menyebabkan menumpuknya informasi yang sangat berguna bagi lingkungan politik, ekonomi dan pengetahuan. Teknologi komunikasi berperan utama dalam menerapkan kebijakan kebudayaan dan membantu mendemokrasikan. Kebudayaan melalui pola penyebaran informasi yang lebih cepat diterima oleh khalayak.

Setiap perubahan sosial memiliki dampak dan teknologi memiliki peranan yang penting. lalu bagaimanakah dampak teknologi komunikasi. Teknologi komunikasi juga mampu mengubah kondisi sosial masyarakat setempat, perubahan sosial boleh saja terjadi asalkan perubahan itu tetap berdasarkan hukum, nilai moral dan tidak berlawanan dengan kebudayaan di Indonesia.

Perubahan sosial terjadi karena adanya suatu interaksi sosial di dalam kehidupan masyarakat. salah satu bisa kita tahu. Sekarang ini teknologi komunikasi berkembang cukup pesat dan mempengaruhi sikap kita terhadap kehidupan sosial. Seperti contoh internet merupakan teknologi yang tidak dapat dipisahkan bagi masyarakat perkotaan dan anak-anak muda.

Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Informasi

Seiring perkembangan teknologi semakin cepat dalam masyarakat, masyarakat akan lebih diuntungkan dengan teknologi informasi. Dampak positif dari kemajuan teknologi informasi dapat penulis rangkum sebagai berikut:

  • Masyarakat akan lebih cepat bertukar informasi sehingga lebih efektif dan efisien dalam bertukar informasi yang diperlukan.
  • Terwujudnya masyarakat informasi.
  • Masyarakat yang berwawasan luas.
  • Menjadikan masyarakat yang kreatif dan inovatif.

Adapun dampak negatif:

  • Terjadinya degradasi moral terhadap pengguna yang tidak terkontrol.
  • Terjadinya Cyber Crime atau kejahatan didunia maya
  • Kurangnya kepedulian masyarakat untuk bersosialisasi
  • Mudahnya unsur pornografi untuk didapatkan